Ramadhan

August 4, 2010

Selamat menunaikan ibadah puasa buat semua teman-teman nuklir 2004 dimanapun dan sedang apapun dan kapanpun juga…

Yang sudah baik, jagalah tetap baik…

Yang lain, ayo tobat bareng-bareng…

Regards

Jroot

Advertisements

Undangan Reuni Alumni Teknik Nuklir

July 14, 2010

Teman-teman…

Kita diundang untuk menghadiri Reuni Alumni Teknik Nuklir (semua angkatan) yang diselenggarakan pada :

Hari/ Tanggal  : Sabtu, 31 Juli 2010

Pukul               : 10.00 WIB – Selesai

Tempat           : Kebun Binatang Ragunan, Jakarta (lokasi pastinya, menyusul ya…)

Nah, acaranya temu kangen saja, semi formal, diisi diskusi-diskusi dengan alumni yang lain…

Dateng ya… 🙂

(Khusus buat alumni TN 2002-2004, ngumpul dulu aja jam 9, di halte busway dukuh atas…)

CP : Ratri Ainur Rokhmah

MISS U!!!!


NUKLIR

February 14, 2010

Author: Aragon

N adalah Bu Nunung dan Pak Agus Arif, dua pasangan dosen dari dan untuk nuklir, menandakan bahwa di Nuklir Ada Cinta!!! Nuklir penuh Cinta Bro!!! So Nuklir juga harus digunakan dengan cinta dan maksud damai!!

U adalah Uranium, Semua anak nuklir seperti Uranium yang memancarkan energi, anak nuklir juga selalu memancarkan aura positif dan kebahagian kepada lingkungan sekitarnya, seperti mas Jroot yang selalu membuat bang Renol tertawa bahagia apapun tingkahnya!! wuakakaka

K adalah Kompak, Yap jelaslah kekompakan kita nggak perlu dipertanyakan lagi, bahkan dari semester awal, temen pasti masih inget kita kompak seangkatan nggak ikutan OSPEK jurusan!!! he2, Satunya lagi dengan modal kekompakan empat angkatan kita bisa ngadain acara nuklir hot sport!!! salud buat kekompakan kita!!!

L adalah Liar, Ya seperti kebanyakan Engineer kita benar2 sulit untuk diam, positif lho maksudnya artinya kita aktif ato dalam bahasa mas Raden lambe Kayak anak Autis!!! Pernah dalam satu masa kita punya ketua KMTF dari Nuklir, Punya Calon Presiden BEM dari Nuklir, Punya Calon Ketua BEM dari Teknik (yang hanya kalah tipis), Punya Ketua KPU Teknik, Punya MPM dari Nuklir, Punya Partai bentukan anak NUklir!!! Gila emang anak2 nuklir!!! Oh Yah angkatan kita juga angkatan yang menggagas dua KKN dengan tema berbeda!!! Emang Nuklir bikin mama Bangga (pinjem slogannya ya PSM). ha2

I adalah Intelek, Inteleknya disambung lho jangan dipisah entar pengertiannya berbeda, Jelaslah kita semua kaum intelek!!! Kita punya Om Damar sebagai pemegang rekor IPK tertinggi, kita juga punya Miss Ratih yang berkali2 mendapat IP 4, Bravo dah Nuklir 2004 seng ada lawanlah!!!

R adalah Rahasia, yak seperti diketahui  teknik Nuklir memiliki rahasia Unik. Contohnya TN 5 yang menghilang entah kemana??? Oh yah yang baru2 ini terungkap ternyata bangsawan kita di Nuklir (Lambe) nggak kuat naek mobil soale biasa naik kereta kencana sih!!! sekalinya naek mobil jadi pendiem terus muntah dah!!!  Huehe2

Dah cukup sekian dulu, tulisan nggak penting ini!!!!


Olkiluoto 3, Reaktor Gen III+ Pertama

January 12, 2010

Oleh: Yos P. Sitompul

Sekedar sharing and bagi2 info..

Kalo temen2 ada yang pernah denger tentang konsep reaktor nuklir generasi 3+, maka pada kesempatan ini aye mo nunjukin foto, video, and sekedar info dari reaktor generasi 3+ pertama di dunia, Olkiluoto 3, Finland.

Reaktor Olkiluoto 3 memang dibangun karna permintaan listrik Finland meningkat tajam, sementara tawaran yang diberikan reaktor ini sangat menjanjikan. Reaktor ini mendapat izin pembangunan semenjak Januari 2005, dan direncanakan akan beroperasi pada tahun 2010. Tapi cukup disayangkan, menurut berita terakhir, ada sedikit keterlambatan sehingga mundur 1 tahun. Kalo menurut saya si mungkin karna pertama kali dibangun.

Reaktor ini berdaya termal 4300 MW atau setara daya listrik 1600 MW dengan efisiensi 36%. Reaktor ini bertipe EPR (Evolutionary Power Reactor) dan dibangun di Olkiluoto, Finland. Investasinya mencapa 3.2 milyar euro. Berapa rupiah ya itu..

Reaktor yang dibangun atas kerjasama TVO, Areva, dan Siemens ini merupakan desain evolusioner dari PWR yang sudah proven selama ini. Berbahan bakar uranium dan memiliki burnup di atas 60GWd/t.

Ya, demikianlah sekilas info.. hehe.. liat2 gambar2 aja yuk..

Ni poto proses konstruksinya:

1. Beres2 lahan dulu nih

2. Harus bikin pondasi dulu ternyata

3. Liat dari jauh ah gmn bikin pondasinya

Read the rest of this entry »


Secarik Torehan Tinta I

November 17, 2009

Mulut besar dan hitam pekat, selalu tertawa dan melawak. Begitu alim dan pendiam tapi juara dalam merokok. Ini waktu dan semua berlalu begitu cepatnya. Keberanian dalam membolos, begitupun melihat “bokep”. Kumpul kebo yang tak berguna, seperti maen game dan bola bundar. Pendek dan cerewet bicara tanpa henti. IPK 4 untuk sebuah kata “Aku juga bingung”. Juragan salak merangkap konsultan nutrisi. Terpelosok diranjang bagai tukang tidur. Kuli bangunan pohon beringin. Hutan gundul daun jatuh ke laut lalu menyelam. Romantisme kampus biru Jakarta-Bandung. Seperti bakso bakar dan roti bakar. Ini hanya cerita anak-anak gunung. Termasuk pemuda kesepian …..
YANG MERINDUKAN SEMUA ITU ……… !!!


Nyoba Tes CPNS BAPETEN

November 12, 2009

tes bapeten

Oleh: Liya Astuti

Wew!  Akhirnya…Dengan sedikit meluangkan waktu, lahir juga postingan pertama saiah buat blog nuklir 2004. Pertama2 saiah haturkan beribu-ribu, bahkan berjuta-juta kata maaf kepada Yos Panagaman Sitompul, karena keterlambatan diterbitkannya postingan ini.

Heumm..jujur..saiah bingung banget mau nulis apa. Tapi daripada didiemin jg  * ditambah urgensi akan Farmville, yang akan diboikot oleh Yos jika saiah tidak segera menyelesaikan artikel, hikz!* mau gak mau yasuw ! Beranikan diri aja buat memeras inspirasi. Wahai otakku, bekerjasamalah denganku..

Hmmm…nulis apa yah? Mungkin saiah akan mencoba menulis mengenai pengalaman tes CPNS bapeten kemarin..hooo…

Banyak banget pengalaman, pelajaran dan fakta baru yang saiah dapet hasil “petualangan” saiah dengan Ratri serta teman-teman nuklir lainnya ketika bertemu kemarin (tanggal 5-9 november2009),, nih yah saiah sebutin beberapa :

 

1. akhirnya saiah tau kl saiah amat lincah di tempat tidur,,baik di kasur maupun di lantai

Selama beberapa hari belakangan ini,dalam rangka tes CPN Bapeten Ratri kan menginap bersama saiah di Jakarta, dan kami tidur sekamar..berhubung panas, kadang kala kami tidur di lantai, berkipas2 ria.

Suatu malam, saiah dan Ratri kepanasan dengan amat sangat..tidurlah kami berdua di lantai, karena kalau di kasur panasnya makin amit-amit! Beuh.. Nah, ketika kami tidur itu, ternyata saiah bergerak tanpa saiah sadari. Well..berdasarkan referensi dari Ratri, konon malam itu saiah minimal berganti posisi 3 kali. Berikut petikan SMS dari ratri yang kurang lebih menggambarkan posisi saiah malam itu :

“Pertama kita posisi L, kepala ama kepala, tiba pant*t lu dah di depan muka gw. Akhirnya gw geser ke arah pintu, eh,,ganti kaki lu yang di muka gw, trus gw pindah ke deket kasur, masih lu kejar lagi, ma kaki. Kira2 lu nyadarnya gw guling, gw geser lagi ampe di bawah kasur, gak tahan jg gw pindah lagi ke belakang lu. Untung subuh cepet dateng. « 

Waoww..hebat jg atraksi saiah. Mudah-mudahan saiah mendapat suami yg sabar menghadapi tingkah saiah ketika tidur,,,amin…

Heum,penasaran juga sih,,gimana jadinya kalo malam itu subuh tidak cepat datang yah ? Mungkinkah Ratri lebih memilih tidur di kamar mandi daripada kena hantaman atraksi tidur saiah? Siapa tahu…

  Read the rest of this entry »


Reaktor Nuklir Ciptaan Tuhan

September 28, 2009

Oleh: Kirana Yuniati Putri

Tuhan membangun reaktor nuklir?? Lelucon apa ini? Mungkin itulah yang ada di kepala anda ketika membaca judul di atas. Namun ini bukan lelucon. Benar adanya bahwa Tuhan telah membangun suatu reaktor nuklir, meskipun tidak dalam artian harfiah. Di waktu yang telah lama berlalu, pernah terdapat suatu sistem reaksi (reaktor) nuklir yang bekerja secara natural, alami, tanpa campur tangan manusia, sehingga bisa dikatakan bahwa reaktor ini diciptakan dan bekerja atas kehendak Tuhan. Bagaimana mungkin? Nah, marilah kita ikuti kisahnya berikut ini.

Ada tiga isotop uranium yang terjadi secara alami, bernomor massa 234, 235, dan 238, namun kelimpahan isotop 234 dapat diabaikan. Pada awal terbentuknya bumi, 235U dan 238U memiliki suatu nilai rasio tertentu. Rasio ini berubah secara signifikan seiring berjalannya waktu karena kedua isotop tersebut meluruh dengan umur paro yang berbeda. Umur paro 235U 700 juta tahun, sedangkan 238U memiliki umur paro 4,5 miliar tahun. Sehingga, jumlah 235U berkurang lebih cepat. Setiap isotop memiliki umur paro sama, di manapun ia berada, sehingga derajat perubahan rasio isotop akan sama selama miliaran tahun. Hingga 1972, rasio 235U dalam bijih uranium selalu ditemukan sebesar 0,7202%.

Pada awal 1956, Dr. Paul Kuroda dari Universitas Arkansas mencetuskan pemikiran mengenai adanya  suatu reaktor alam di masa lampau. Dua miliar tahun lalu, kelimpahan 235U dalam uranium alam diperkirakan mencapai 3%. Konsentrasi ini biasa digunakan dalam Light Water Reactor (PWR),  suatu tipe reaktor nuklir dengan moderator air ringan (H2O). Sehingga suatu reaktor alam mungkin beroperasi dengan bahan bakar uranium alam ini serta moderator air biasa.

Pada pertengahan 1972, seorang insinyur Perancis bernama Bougzigues menemukan suatu anomali pada sampel uranium yang berasal dari tambang uranium di Oklo, Gabon. Bougzigues menemukan bahwa rasio isotop 235U dalam bijih uranium sebesar  0,7171%. Meskipun perbedaan ini cukup kecil, namun para ahli tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Mereka terkejut ketika menemukan sampel yang memiliki kelimpahan hanya 0,621%; 0,44%; bahkan 0,292%.

Gabon

sumber: US DoE

Read the rest of this entry »